Perbedaan Domain VS Hosting

Ketika pertama kali terjun ke dunia website, mungkin anda akan mulai mengenal istilah domain dan hosting. Tapi, sebenarnya apa saja perbedaan antara keduanya?

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa perbedaan antara domain dan hosting.

Perbedaan Domain VS Hosting

Berikut ini adalah perbedaan antara domain VS hosting yang perlu anda ketahui sehingga nantinya anda tidak mengalami kesulitan untuk membedakan antara keduanya.

Definisi

Domain merupakan suatu alamat website di internet. Domain terdiri dari dua bagian, yaitu nama domain dan ekstensi domain.

Nama domain adalah bagian yang dapat dibaca oleh manusia, sedangkan ekstensi domain adalah bagian yang menunjukkan jenis website, seperti .com, .net, .org, .co.id, dan lain-lain.

Disisi lain, Hosting menjadi tempat penyimpanan file-file website.

Hosting terdiri dari dua jenis, yaitu shared hosting dan dedicated hosting. Shared hosting adalah hosting yang digunakan oleh banyak website, sedangkan dedicated hosting adalah hosting yang digunakan oleh satu website saja.

Fungsi

Secara fungis, Domain menjadi alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengakses situs web di internet. Contohnya, “namaweb.site”. Dalam contoh ini, namaweb merupakan nama domain, dan .site merupakan ekstensi dari nama domain tersebut.

Berbeda dengan domain, Hosting.menjadi tempat penyimpanan fisik atau virtual di server di mana semua file situs web, termasuk konten, gambar, dan file lainnya, disimpan. Saat seseorang mengakses situs web, server hosting mengirimkan informasi atau konten yang diperlukan ke perangkat pengguna, sehingga tampil sebuah website.

Lokasi Data

Karena Domain berupa nama saja, sehingga domain tidak menyimpan data fisik dari website. Namun sebaliknya, domain akan mengarhakan pengguna ke alamat IP server hosting situs web sehingga bisa menampilkan datab.

Berbeda dengan domain, Hosting menyimpan semua file dan data yang diperlukan untuk menjalankan website di server, sehingga ketika diakses bisa menampilakan desain website dan tampilan lainnya.

Update dan Maintenance

Pada umumnya, Domain tidak memerlukan update  ataupun maintenance karena tidak ada data apapun yang tersimpan. Bagaimanapun juga, anda mungkin tetap perlu memperbarui informasi WHOIS secara berkala dan melakukan pembayaran perpanjangan domain.

Disisi lain, karena Hosting menyimpan semua data website, maka hosting perlu dilakukan update dan maintenance secara rutin atau berkala untuk tetap menjaga data yang didalamnya terus tersedia dan website dapat diakses dengan lancar.

Biaya

Ketika berlangganan Domain, anda perlu melakukan biaya tahunan dengan minimal 1 tahun untuk terus mempertahankan kepemilikan nama domain anda. Apabila tidak melakukan perpanjangan dalam batas waktu tertentu, maka domain mungkin saja tersedia kembali utuk publik dan bisa didaftarkan oleh siapa saja.

Untuk Hosting, anda bisa melakukan perpanjangan bulanan tergantung dengan ketentuan dari penyedia hosting. Selain itu, adan juga dapat memilih jenis hosting yang digunakan seperti shared hosting, VPS hosting, dedicated hosting, dan sebagainya.

Kepemilikan

Secara kepemilikan, Domain dapat dimiliki oleh individu, atau bisa juga memerlukan sebuah perusahaan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh registri. Misalnya untuk domain co.id, anda harus melampirkan surat tertentu supaya domain bisa diaktifkan, namun jika menggunakan ekstensi .com, maka anda bisa langsung mendaftarkannya sebagai individu.

Disisi lain, untuk memiliki atau menyewa Hosting, biasanya anda tidak harus dari sebuah perusahaan dan bisa langsung melakukan pendaftaran secara individu. Namun tentunya, untuk ketentuan ini ditetapkan oleh penyedia Hosting dan bisa saja setiap penyedia memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Kontrol dan Konfigurasi

Domain memiliki kontrol terbatas dimana anda hanya dapat melakukan konfigurasi DNS, alamat IP, DNSSEC dan beberapa opsi lainnya. Sedangkan untuk kontrol labih banyak masih tetap dipegang oleh registar domain.

Pada Hosting, anda akan mendapatkan kontrol yang lebih besar dan bervariasi spseri konfigurasi server, pengelolaan website, hingga kontrol DNS apabila domain anda diarahkan ke hosting menggunakan Name Server.

Kesimpulan

Singkatnya, domain adalah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi situs web, sedangkan hosting adalah tempat di mana semua file dan data situs web disimpan dan dielola. Keduanya bekerja bersama untuk menyajikan konten website kepada pengguna.