Daftar Situs Untuk Memeriksa Propagasi DNS

Ketika baru saja melakukan perubahan DNS pada suatu domain, Anda perlu menunggu beberapa saat, atau bahkan beberapa jam hingga perubahan tersebut dapat terbaca oleh penyedia koneksi internet atau ISP diseluruh dunia dan akhirnya website bisa diakses.

Untuk memeriksa apakah perubahan berhasil terbaca, biasanya Anda akan memerlukan suatu alat atau tools DNS Checker yang memungkinakn anda untuk memeriksa perubahan tersebut dari berbagai lokasi tanpa harus pergi ke lokasi tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar situs yang bisa digunakan untuk memeriksa propagasi DNS dengan mudah melalui internet.

Daftar Situs Untuk Memeriksa Propagasi DNS

Biasanya, situs untuk memeriksa propagasi DNS mmungkinkan Anda untuk memeriksa perubahan DNS Recourd pada suatu domain seperti A Record, NS Record, CNAME Record, MX Record, dan berbagai record lainnya.

Berikut merupakan deretan tools DNS Checker yang dapat anda gunakan untuk memeriksa propagasi DNS.

1. DNSChecker.org

Daftar Situs Untuk Memeriksa Propagasi DNS - DNSChecker-org

Seperti namanya, DNSChecker.org memungkinkan anda memeriksa perubahan DNS dari berbagai belahan dunia termasuk A Record, NS Record, MX Record, AAAA Record, TXT Record, dan beberapa record lainnya.

Tidak hanya itu, Tools ini memungkinkan anda untuk menambahkan DNS Resolver custom, sehingga anda bisa juga menambahkan alamat IP jaringan anda untuk memeriksa propagasi.

Selain itu, situs ini bisa dibilang situs terlengkap untuk keperluan pengecekan website dan tools internet lainnya, karena disini Anda juga bisa memeriksa DMARC, Domain DNS Health Checker, dan masih banyak tools lainnya yang bisa anda buka melalui halaman All Tools.

2. whatsmydns.net

Daftar Situs Untuk Memeriksa Propagasi DNS - whatmydns-net

Hampir sama seperti DNSChecker.ogr, whatmydns.net juga memungkinakna Anda untuk memeriksa propagasi DNS dari berbagai lokasi dengan mudah.

Namun sayangnanya, pada tools ini belum terdapat fitur custom DNS sehingga Anda masih belum bisa menambahkan DNS Custom dan hanya bisa menggunakan ISP yang telah disediakan.

3. Namaweb.site

Daftar Situs Untuk Memeriksa Propagasi DNS - namaweb-site

Berbeda dengan DNS Checker lainnya yang menampilkan propagasi DNS dari penyedia Global, Namaweb.site memungkinakan Anda untuk memeriksa propagasi DNS dari berbagai penyedia koneksi internet di Indonesia seperti Icon PLN, Telkom Indonesia, Indosat, dan banyak lagi.

Bagaimanapun juga, tools ini masih belum mendukung custom DNS, sehingga anda hanya bisa memeriksa propagasi DNS dari server yang telah ditentukan.

4. dnsmid.com

Daftar Situs Untuk Memeriksa Propagasi DNS - dnsmid-com

dnsmid.com memungkinakan Anda untuk memeriksa DNS dari berbagai lokasi dan dengan tampilan yang berbeda dari yang lainnya.

Hingga artikel ini dibuat, terdapat lebih dari 180 DNS yang tersedia diseluruh dunia yang bisa digunakan untuk memeriksa propagasi DNS. Selain itu, Anda juga memeriksa propagasi dari penyedia koneksi internet di Indonesia melalui halaman pengecekan khusus server Indonesia.

5. ceipam.eu

Daftar Situs Untuk Memeriksa Propagasi DNS - caipam-eu

Tools selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah ceipam.eu dengan tampilan klasik, namun menyediakan pengecekan dari berbagai lokasi didunia.

Tidak hanya itu, tools ini juga tersedia dalam berbagai bahasa, namun sayangnya belum tersedia opsi Bahasa Indonesia.

6. viewdns.info

Daftar Situs Untuk Memeriksa Propagasi DNS - viewdns-info

Seperti namanya, viewdns.info menyediakan tools terkait dengan DNS dan salah satunya adalah tools untuk memeriksa propagasi DNS.

Dalam tools ini, Anda bisa memeriksa propagasi DNS dari 15 lokasi yang berbeda dengan sekali klik, atau bisa juga memeriksa tools lain, misalnya DNSSEC Checker, Is My Site Down, dan tools lainnya.

Itulah daftar website yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa propagasi DNS pada suatu domain dengan mudah dan tentunya anda bisa menentukan sendiri mana tools yang lebih nyaman untuk digunakan.