Cara Memeriksa Status Propagasi DNS Online

Ketika melakukan perubahan DNS, maka anda perlu menunggu beberapa jam hingga DNS berhasil terbaca dan bisa anda buka, atau istilah lainnya propagasi DNS.

Terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memeriksa propagasi DNS, salah satunya menggunakan tools online, dimana anda bisa memeriksa perubahan DNS pada suatu domain dari berbagai penyedia layanan internet (ISP).

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara memeriksa status propagasi DNS secara online dengan mudah, sehingga anda dapat memeriksa apakah perubahan DNS yang anda lakukan benar-benar berhasil.

Anda bisa menggunakan tools online seperti DNS Checker Indonesia untuk memeriksa status propagasi. Setelah berada dihalaman DNS Checker Indonesia, maka anda bisa memasukkan nama domain yang akan diperiksa, misalnya disini kita akan memeriksa propagasi DNS untuk domain example.com

Setelah menginputkan nama domain, maka anda bisa juga memilih jenis record apa yang akan diperiksa. Apakah itu A record, AAAA Record, CNAME, NS, MX, atau lainnya sebelum memeriksa propagasi DNS dengan tombol submit

Cara Memeriksa Status Propagasi DNS Online 1

Ketika propagasi sudah berhasil dan domain terhubung ke server, maka anda akan melihat hasil record, serta tanda centang yang menandakan bahwa record sudah terbaca.

Cara Memeriksa Status Propagasi DNS Online 2

Namun apabila anda melihat tanda silang ketika memeriksa DNS, maka besar kemungkinan bahwa propagasi tidak berhasil dan perlu dilakukan pada konfigurasi DNS dan server tujuan, atau bisa juga karena server resolver sedang down.

Itulah cara mudah untuk memeriksa status propagasi DNS Online dengan mudah.